Dunia Pasutri, Tips dan Trik

Tips Dalam Menjaga Hubungan Jarak Jauh

Idealnya, sebuah pernikahan akan terlihat normal ketika pasangan suami istri bersama-sama dalam menjalani kehidupan rumah tangganya. Tapi adakalanya sering terjadi seorang suami yang hidup berjauhan dengan istri dan anak-anaknya. Misalnya ketika si suami bekerja di luar kota dan kondisinya tidak bisa untuk mengajak ikut serta keluarganya. Atau sama-sama lagi menempuh studi dan belum bisa hidup bersama sebelum lulus.

Lalu, bagaimana solusi agar rumah tangga yang seperti ini bisa tetap berjalan dengan rukun dan harmonis walau jarak dan waktu memisahkannya? Saya mempunyai beberapa tips untuk menyiasati kasus seperti ini. Karena saya pernah menjalani Long Distance Relationship atau Hubungan Jarak Jauh ini dengan istri saya, beberapa bulan setelah pernikahan kami dikarenakan saya yang waktu itu masih duduk di bangku kuliah semester akhir :D . Memang tidak mengenakkan, tapi kehidupan seperti ini harus tetap dijalani sambil menyusun strategi supaya kedepannya bisa hidup bersama-sama.

Beberapa tips ketika melakukan hubungan jarak jauh adalah :

  1. Tetap menjaga komunikasi dengan pasangan kita, baik itu dengan cara SMS, telpon, chating, atau di facebook, twitter dan lain-lain. Pokoknya jangan sampai pasangan kita tidak mengetahui kabar terbaru dari kita. Tapi ya jangan sampai terlalu possesif juga sih, setiap menit disms, ditelpon, ditanyain lagi ngapain, lagi dimana, lagi sama siapa? Karena itu hanya akan membuat pasangan kita tidak nyaman, dan dianggap tidak percaya sama pasangan kita sendiri. Jadi ya sewajarnya aja, yang penting kan kualitas bukan kuantitas. hehe. Seperti misalnya SMS ketika masuk waktu sholat, SMS istri buat suaminya ” Sayang… Jangan lupa ya sholatnya yang tepat waktu. Allah sayang sama hamba-Nya yang melakukan sholat dengan tepat waktu, Jangan lupa di Masjid yaa..” atau SMS suami buat istrinya, misalnya ” Say.. masak apa hari ini? Maaf ya aku gak bisa nemenin kamu makan..tapi masakan kamu selalu aku inget..selalu berasa nih di lidahku..o yah jangan lupa yaa ditambah hafalan qur’annya..nanti kita muraja’ah ya kalau aku pulang..salam kangen dari suamimu… So sweet kan? Rasa kangen tersalurkan..dan selalu tersisipi juga nasihat untuk pasangan kita. Indahnya ..
  2. Menjaga Kepercayaan, menghindari prasangka dan rasa cemburu berlebihan. Penyakit ini selalu dianggap remeh, tapi sangat mematikan. Sebisa mungkin selalu berbaik sangka terhadap pasangan kita. Jangan terburu-buru menarik kesimpulan yang jelek, ketika suami tidak membalas SMS istri, atau istri tidak cepat-cepat mengangkat telepon suaminya. Dan jangan sering melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang bernada mencurigai atau menginterogasi, bisa jadi pasangan kita lagi tidur, mandi, atau lagi di perjalanan. Berikan selalu kepercayaan sepenuhnya pada pasangan kita. Biarkan Allah yang akan menjaga dan mengawasinya. Toh kondisi ini juga bukan kita yang mau, jadi sebisa mungkin harus saling percaya  dan yakin terhadap pasangan kita.
  3. Tentukan jadwal untuk saling bertemu. Kalau kondisinya berjauhan, frekuensi untuk bertemu dengan pasangan pastinya hanya sedikit. Untuk itu lebih baik jadwalkan acara bertemu ini, misalnya sebelum kepulangan jauh-jauh hari suami memberitahukan istri, pulang hari apa, jam berapa, naik kendaraan apa, dijemput atau tidak dan sebagainya. Supaya istri juga bersiap-siap untuk menyambutnya. Jadikan pertemuan dengan pasangan kita menjadi kesan yang indah dan tak terlupakan.
  4. Saling memberikan hadiah. Ini biasanya dilakukan oleh suami yang pulang kerja dari luar kota, suami membelikan oleh-oleh untuk istrinya. Hadiah ini tidak akan diukur oleh besar kecilnya atau mahal murahnya, tapi saya yakin istri akan suka dengan pemberian suaminya apalagi dilakukan dengan cara yang berkesan dan romantis. Misalnya memberikan sekotak coklat kesukaan istri dan sekuntum mawar merah diatasnya. Atau sebaliknya, istri memberikan hadiah berupa makan malam spesial yang terdiri daru masakan kesukaan suaminya. Wah so sweet yaa..

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika anda kini berjauhan dengan pasangan anda. Menyedihkan memang, apalagi kalau anda adalah pengantin baru hehe. Harusnya kan lagi kangen-kangennya :D banyak-banyak berdo’a aja ya semoga Allah cepat menyatukan anda kembali apapun halangannya.

Semoga bermanfaat ^^

Komentar

comments

13 Comments

  1. era

    lumayan berat,tpi insyaallah bisa yng plng pnting kepercayaan dan sllu komunikasi

    • @era, yup bener banget mba era.. makasih sudah berkunjung ^^ semoga bisa menjalani hubungan walau jauh-jauhan :)

  2. tips menarik utk yg LDR, meskipun kata banyak org dna berdasrkan pengalaman, LDR itu cukup berat :)

  3. aduh alhamdulillah saya gak LDR pas rumah tangga. kalau dulu sebelum berumah tangga sih jarak jauh hubunganna, hehe..
    nice info kang

    • hehehe semoga disatukan terus kang hehee

  4. pengalaman pribadi ni yee… :D

  5. setahun pernah berpisah,… rasanya seperti lajang, mata keranjang, suka lihat2 anak kampus,…. malah lupa istri dan anak.
    sayang,… ngga sempat selingkuh :mrgreen:

    • mending belum nyobain ayam kampus wkwkw..

  6. memang susah menjaga hubungan jarak jauh.

Trackbacks / Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>