Dunia Pasutri, Dunia Pria, Dunia Suami, Motivasi Hidup, Tips dan Trik

Konflik Dalam Rumah Tangga & Solusinya

Konflik di dalam rumah tangga muncul akibat berbagai macam masalah yang terjadi diantara suami istri. Masalah-masalah di dalam rumah tangga yang bisa memicu konflik biasanya terjadi akibat adanya ketidakseimbangan di dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang sifatnya urgent. Dan apabila kebutuhan ini tidak bisa terpenuhi, seringnya penyikapan dari salah satu pasangan akan selalu berujung negatif, sehingga akan menciptakan sebuah konflik di dalam kehidupan rumah tangganya.

Masalah-masalah pemicu konflik itu diantaranya adalah:

1. Masalah Finansial atau Keuangan keluarga

Menurut saya ini adalah masalah pemicu konflik yang paling besar yang umumnya melanda pada pasangan suami istri dalam kehidupan rumah tangganya. Suami pengangguran atau di PHK, suami memiliki gaji kecil sehingga tidak bisa memenuhi semua kebutuhan keluarganya, memiliki banyak hutang yang sudah lama belum bisa terbayar,  gaji istri lebih besar daripada suami, dan masalah-masalah lainnya yang menyangkut dalam hal keuangan inilah sumber pemicu konflik pertama yang menjadikan ketegangan diantara pasangan suami istri. Pasangan suami istri yang tidak siap dengan kondisi seperti ini biasanya akan selalu bertengkar dan saling menyalahkan, mungkin bisa jadi akan berujung kepada perceraian, atau salah satu dari pasangan kabur dari rumah dan meninggalkan keluarganya begitu saja.

Beberapa solusi dari masalah ini diantaranya adalah:

  • Hal yang harus diperhatikan para pria sebelum menikah adalah memantapkan kondisi finansial terlebih dulu. Ini bukan berarti kita harus memiliki semuanya, tapi dengan kesiapan kondisi keuangan akan memudahkan kita dalam menjalani kehidupan rumah tangga yang notabene sangat membutuhkan banyak sekali pengeluaran uang.
  • Hendaknya anda sudah bekerja atau memiliki penghasilan sendiri sebelum menikah.
  • Hendaknya suami bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang ada apabila suatu saat dirinya di PHK dari pekerjaaanya. Menabung untuk membangun bisnis sendiri adalah solusi pertama yang bisa dicoba. Tidak mungkin kan kita sampai tua bekerja terus menjadi karyawan?
  • Hendaknya suami terus berusaha walau bagaimanapun hasilnya untuk selalu bekerja dan menghasilkan uang. Ini adalah untuk menutup pintu fitnah dari bahaya laten suami pengangguran alias benalu dalam keluarga.
  • Peran istri sangat mendukung dalam masalah ini. Apabila mengetahui kondisi suami yang baru saja di PHK atau usaha yang sedang dirintisnya mengalami kebangkrutan, jangan sekali-kali bersikap antipati dan mencibirnya. Berusahalah sabar dan menerima keadaan, teruslah menyemangati suami agar tetap berusaha dan mencari pekerjaan atau menumbuhkan kembali semangat wirausahanya. Biasanya konflik terjadi akibat istri yang terlalu menuntut dan tidak sabar dalam menghadapi kondisi suaminya, mungkin berbeda halnya apabila suami memang cuek dan tidak mau berusaha dengan keras untuk bekerja.

2. Masalah Sex dan Keturunan

Masalah kedua yang bisa menjadi pemicu prahara dalam rumah tangga adalah ketika salah satu pasangan tidak bisa atau kurang dalam memenuhi kebutuhan seksualnya. Jangan pernah menganggap remeh masalah ini. Banyak sekali konflik yang terjadi akibat masalah ini. Suami yang impoten, suami atau istri yang mandul, suami yang terkena ejakulasi dini dan tidak bisa lama dalam memuaskan istrinya, atau sebaliknya istrinya yang hyper sex dan selalu merasa kurang, dan masih banyak masalah sex lainya yang bisa menjadi pemicu konflik dalam rumah tangga. Efek dari masalah ini adalah terjadinya perselingkuhan, mencari kepuasan dengan “jajan” di luar, pisah ranjang hingga perceraian. Saya rasa masalah ini tidak memandang kaya dan miskin, ketika salah satu pasangan tidak bisa memberikan kepuasan sebagaimana mestinya maka dipastikan akan terjadi perang dingin dalam rumah tangga. Untuk itulah sekali lagi jangan pernah menganggap remeh masalah ini.

Beberapa solusi dari masalah ini diantara adalah:

  • Menjalin komunikasi yang baik diantara suami istri. Jangan selalu memendam kekecewaan dalam hati. Kemukakanlah kekurangan anda kepada pasangan anda. Apakah itu suami yang ejakulasi dini, atau istri yang selalu belum mencapai orgasme ketika berhubungan dan yang lainnya. Intinya jangan malu untuk terus terang dengan pasangan anda. Mungkin anda ingin mencoba variasi seks gaya baru, maka utarakanlah hal itu terhadap pasangan anda. Selama itu aman dan dalam konteks yang diperbolehkan kesehatan dan agama, maka silakan untuk mengkondisikannya dengan pasangan anda.
  • Konsultasikan dengan dokter pribadi anda, khususnya kepada dokter yang menangani masalah kelamin. Mungkin dokter akan memberikan solusi dan obatnya apabila memang itu sebuah penyakit yang disembuhkan. Jangan khawatir, setiap penyakit itu ada obatnya.
  • Untuk masalah pasangan yang sudah lama belum diberikan keturunan. Saya rasa ini hanya masalah waktu saja. Tidak ada yang menjamin bahwa seseorang tidak akan mempunyai anak. Sebagai muslim tentunya kita percaya bahwa ada Allah yang menentukan segalanya. Jadi saya sarankan untuk selalu berdo’a dan berusaha.

Mungkin cukup dua masalah saja yang akan saya angkat dalam postingan kali ini. Dua pokok masalah ini memang seakan menjadi momok yang menakutkan bagi pasangan suami istri dalam menjalani kehidupan rumah tangganya. Tapi jangan khawatir, jika anda bisa menghadapinya dengan bijak, maka ketakutan itu tidak akan terjadi.

Komentar

comments

20 Comments

  1. gimana dengan masalah rumah tangga . Dimna mertua sllu ikut campur.. Suami yg kurang perhatian.. kalo aku ngajak pisah dia gx pernah mau.. Tpi dia gx pernah sadar kesalahannya.. dengan kita pindah rumah apa itu solusi terbaik buat keluarga kami.. Karna suamiku anak ragil..

    • sebenarnya tergantung kitanya mba..coba kembali pasang strategi untuk terus pendekatan dg mertua dan jalin komunikasi 2 arah dengan suami ttg berbagai hal.. kalau memang suami blm bs pindah rumah.. kalau memungkinkan ya bs mencoba pindah itu akan membuat kita mandiri :) sabar ya..

  2. Mamay

    Makasih infonya.Sangat bagus,Semua masalh rumah tangga jarang terselesaikan krn komunikasi yg tdk lancar.Saling menuduh,Saling ingin Di Mengerti

    • coba tetap komunikasikan terus mba.. suami juga bukan batu kan? semoga suami berubah menjadi suami yang baik ya aamiin

  3. istri parah

    Kalo sy skt ht sm istri yg lagi hamil 5bln. Saat mlm pertama, sy dicuekin ditinggal tidur, stlh dimaafin, kedepannya diulang2 trs. Udh gt istri mls urus/bebenah rumah, ga bs atur uang, tukang boong. Stlh itu semua sy usir dia tuk balik ke tmpt ortunya

    • @istri parah, waduh segitunya.. semoga semuanya bs kembali berjalan dengan baik ya :)

    • kin

      ko hampir sama dg istri aq ga bisa ngurus rumah. Ga bisa d percaya klo ngatur uang, mau menang sendiri, orang tua dia masih ikut campur. Kadang kadang capek ngladeni dia bertengkar. Ga di ladeni ngendas ngendasi. Hufft kadang berfikir apa salah pilih jodoh ya.

      • wah kalau salah pilih jodoh saya kurang tahu mas.. mungkin bisa dikomunikasikan kembali tentang arah rumah tangga mas nya.. sayang kan kalau kandas di tengah jalan? :)

  4. mulfia nanda

    bagai mana menurut anda jika seorang perempuan tidak virgin lagi sebelum menikah.ap ini bsa mjd konflik dalam rumah tangga yang bisa menyebabkan perceraian?

    • bisa iya bisa juga engga.. ga virgin nya karena apa dulu.. apa karena maaf (pelecehan seksual, perkosaan) atau karena memang melakukan sex sebelum menikah dengan pasangan yang tidak sah? memang seringnya pria ga mau menikah dengan wanita yang sudah tidak virgin (dengan alasan diatas) tapi setidaknya kita bisa terbuka bercerita apa adanya tentang kondisi kita mudah2an dengan seperti itu laki-laki akan mengerti dan insya allah kalau laki-laki itu benar cintanya dan memang kita pun sudah taubat dan menyesal dengan masa lalu kita,.. tentunya hal ini akan memnimalisir kegagalan setelah pernikahan.. tapi pada intinya perkara ini bukan perkara kecil.. yang penting komunikasi dengan pasangan kita :)

  5. hehehe………….. wah permasalahan yang kedua emang komplek ni.. tapi kurang rasanya…..
    sebenarnya walaupun saya belum nikah tapi ada banyak hal yang menyebabkan konflik dalam berumah tangga… Pemikiran yang gak sejalan juga sering menjadi penyebabnya dll yang masih banyak kalo mau dituliskan…..
    Tapi saya pernah baca juga dalam sebuah situs web….. kalo ternyata dengan bercinta dengan pasangan dapat memaafkan segala permasalahan (bener dan enggaknya saya belum nyobain mas)…..

    • wew masih bujangan sob? hehe..
      iya bisa bener bs salah mas..tergantung teknik bercintanya hahaha

  6. Jangankan dalam berumah tangga, yang masih dalam tahap pacaran juga sering konflik kang :D

    • hahaha..tapi gampang kalao masih pacaran sih tinggal putusin aja..kalao dah nikah..? mau cerai? duh repsong nee :P

    • rahman devoted

      kenapa yang jadi masalah terjadinya konflik itu selalu di dominasi oleh faktor keuangan ?

      • @rahman devoted, g selalu.. tapi kebanyakan gitu.. ya kalau udah berumah tangga keuangan memegang peranan penting karena banyaknya kebutuhan :)

Trackbacks / Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>