Pernikahan

Berapakah Usia Ideal Untuk Menikah?

Menikah merupakan salah satu dari rangkaian fase kehidupan manusia yang mau tidak mau kita pasti akan mengalaminya. Kecuali bagi yang mau ngejomblo seumur-umur kali ya hehe. Dan karena sebuah pernikahan juga merupakan sesuatu yang sakral, maka alangkah baiknya jika kita tidak bermain-main dalam hal ini dan perlu sekali dipersiapkan dengan matang segala sesuatunya, mulai dari kesiapan usia, materi, fisik sampai mental.

Sebenarnya, kalau kita mau membicarakan mengenai masalah berapa usia yang tepat bagi seseorang untuk menikah? Maka menurut saya jawabannya relatif dan tergantung dari kesiapan orang itu sendiri. Karena tidak ada batasan mutlak bagi seseorang untuk menikah, kalaupun ada di undang-undang itu hanyalah melihat dari keumuman saja dan sikap kehati-hatian supaya orang tidak sembarangan atau main-main dalam melakukan sebuah pernikahan.

Usia memang memegang peranan penting bagi seseorang yang akan menikah. Karena dengan usia yang matang seseorang akan terlihat dari sikap dan kedewasaannya dalam menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di dalam kehidupan rumah tangga yang bisa saja akan penuh dengan masalah yang mungkin tidak ia duga sebelumnya.

Memang, pada keumumannya jarang kita temukan pasangan yang menikah dalam usia muda. Kategori muda disini mungkin untuk pria sekitar 20 tahun dan untuk wanita sekitar 18-19 tahun dan bukan dibawah umur. Namun, menikah pada usia muda juga bukanlah sebuah aib jikalau itu dilandasi niat untuk menjaga diri dan kesucian. Justru itu akan bagus karena dengan begitu dia akan bisa mendapatkan tempat untuk berbagai kasih dan cinta dengan pasangan yang memang sudah sah dan halal. Bukan dengan cara pacaran atau malah dengan praktik perzinahan. Namun, tentu perlu kesiapan juga dikarenakan usia muda adalah waktunya kita untuk mengekspresikan diri dengan menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun meniti karir. Sehingga jangan sampai menikah di usia muda malah menjadikan masa depan hancur dikarenakan alasan menikah tapi tanpa persiapan.

Lalu bagaimana halnya dengan menikah di usia tua? Seseorang harusnya khawatir jika ia belum menikah di usia 30 tahun ke atas. Memang perkaranya tidak semudah itu, banyak alasan seseorang menunda untuk menikah. Ada yang katanya belum mendapatkan jodoh yang pas, ada yang sibuk dengan meniti karir dan pendidikan setinggi-tingginya, atau malah ada juga yang memang enggan menikah karena tidak mau direpotkan dengan segala macam tetek bengek kehidupan rumah tangga. Sayang banget kan kalau kita tidak segera menikah sementara usia kita sudah beranjak tua?

Kesimpulannya, bahwa usia ideal untuk menikah itu adalah di usia 25-28 untuk laki-laki dan usia 22-23 untuk wanita. Itu terlepas dari pandangan anda semua mengenai bagaimana urgensinya menikah loh! Karena, menurut saya di antara usia 23-28 seorang pria ataupun wanita sudah berada dalam tingkat yang pas dalam hal kematangan dan kedewasaan, sudah bekerja dan berpenghasilan dan pikirannya sudah terfokus untuk menata hidupnya sendiri. Begitu juga halnya dengan penulis, saya menikah di usia 24 dan begitu juga dengan istri saya. Walaupun pada realitanya saya pun merasa masih belum dewasa dan belum cukup siap dalam menajalani bahtera rumah tangga, tapi saya sudah mencoba dan akan tetap mempertahankan dengan segala cara supaya saya dan keluarga bisa tetap tegak dan tegar di tengah berbagai macam masalah yang sering datang.

So.. bagaimana menurut anda? Berapakah usia ideal bagi anda untuk menikah?

Komentar

comments

25 Comments

  1. wah artikelnya bermanfaat banget, bisa jadi masukan

  2. Saya umur 20 tahun. Berpacaran dengan pria berusia kurang lebih 37 tahun. Itupun belum pasti. Bisa lebih tua ataupun lebih muda. Karena dia tidak pernah mau mengakui usia dia yg sebenar-benarnya setiap saya tanya brpa usianya. Tapi kami sama2 tau usia kita trpaut sngat jauh. Jika nanti ke jenjang yg lebih serius, kira2 resikonya apa ya?? Karena saya bingung dan sringkali susah payah untuk mndapat prhatianya yg sudah bgitu mapan dan sibuk dngan pekerjaan. Apa sya yg terlalu manja, apa dia yg trlalu sibuk? Entahlah :( tapi saya mau serius, do’ain ya, moga dia melamar sya.. Heheh

    • sebenanrnya usia tidak begitu pengaruh mbak.. bagus kan kalau pria sudah mapan dalam hal finansial dan dewasa dalam berpikir .. berarti sebenarnya dia sudah sangat cukup untuk menikah :) bagus buat mbak menikah muda semoga Allah mudahkan untuk segera menikah ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>