Dunia Anak

Tumbuh Kembang Bayi Usia 4 Bulan

Tak terasa, baru kemarin istri saya melahirkan arfa, anak saya. Eh kini Arfa udah berusia 4 bulan lebih. Alhamdulillah, saya bersyukur karena tumbuh kembang Arfa cukup pesat dan setelah mencari berbagai info di internet, perkembangan anak saya berjalan sesuai dengan fasenya.

Lahir dengan berat badan 2,8 kg dan panjang 49 cm. Kini setelah 4 bulan Arfa udah memiliki berat 6 kg lebih. Walau hanya diberikan ASI dan belum diberikan makanan tambahan, berat badannya terhitung ideal tidak terlalu gendut dan juga tidak kurus. Memang saya tidak terlalu suka kalau bayi terlalu gendut, karena ia nanti akan kesusahan dalam bergerak dan bereksplorasi. Lebih baik proporsional yang penting anak sehat dan berjalan sesuai fasenya.

Arfa belajar tengkurap dengan sendirinya di usianya yang menginjak 4 bulan. Dan kini ia sangat mahir sekali tengkurap kalau lagi di tempat tidur. Otot leher dan tangannya sudah kuat menopang tubuhnya. Dan dia akan bosan kalau terlalu lama ditidurkan. Inginnya selalu bangun dan duduk di pangkuan, digendong dan diajak jalan-jalan. Wah aktif banget deh..

Penglihatan Arfa juga sudah berkembang dengan baik, ia sudah mengenali orang-orang di sekitarnya. Dan dia mau untuk digendong siapa saja. Kalau diajak ngobrol dia seneng dan merespon atau tersenyum dan tertawa. Tangannya juga aktif memegang benda yang ada disekitarnya, ia akan memainkannya dan memasukkan ke mulutnya. Oleh karena itu, kemarin saya belikan teether, siapa tahu dia akan cepet numbuh giginya.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengetahui bagaimana perkembangan bayi di usia 4 bulan di situs ini.

Foto di bawah ini adalah Arfa, anak saya sebelum berangkat ke Cilegon sama ibunya, karena istri saya sedang liburan kenaikan kelas di tempat orang tuanya alias mertua saya. Arfa seneng banget kalau tengkurap, ia akan bebas melihat semua objek di depannya. Bagaimana, lucu kan? ^^

- Arfa Muhammad Tamam, Male, Birth Feb 18, 2012 -

 

Komentar

comments

13 Comments

  1. lucu banget de arfa ini mas, oia pgn nanya jg nih mas, kalau anak biasanya udah bisa mulai bicara jelas sekitar bulan keberapa yah ? bisa manggil ayah/ibu gtu meskipun samar :)

    • biasanya sih ma.. atau pa.. gitu bilangnya mungkin diatas 10 bulan kali yah soalnya anak saya aja yg baru berusia 6 bulan udah mulai ngoceh2 gitu hehe

  2. menarik tulisannya…ditunggu postingan selanjutnya ya…:)

    • hehe makasih atas kunjungannya :)

  3. Whuaaah Arfa imut banget… gede nanti pingin hadi apa ya….??

    • g tau pak.. nanti kalau udah bisa ngomong saya tanya deh hehe

  4. seneng yah punya anak…:) jadi pengen nyusul ni…

    • nyusul kemana.. kirim aja undangannya dulu :D

  5. Lucu sekali anaknya mas :)

    Pasti ortunya seneng sekali ngeliat dia sehat dan aktif :)

    • alhamdulillah, makasih mas faisal..

  6. lucu anak e mas :D

Trackbacks / Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>