Dunia Pasutri, Gaya Hidup

Pentingnya Faktor Agama Dalam Keluarga

Menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrohmah memang menjadi dambaan bagi setiap pasangan yang sudah menikah dan berumah tangga. Dan tentu saja hal tersebut tidak akan terjadi jika dalam keluarga tersebut tidak mengamalkan ajaran agama dengan baik.

Agama seseorang memang menjadi barometer keberhasilan dalam menjalani kehidupan ini. Begitupun halnya ketika kita sudah berkeluarga, agama menjadi faktor terpenting di dalam menggapai keberhasilan dan kebahagiaan hakiki rumah tangga yang itu tidak bisa diukur oleh kebahagiaan yang dilihat dari sisi duniawi semata.

Banyak keluarga yang gagal dalam membangun dan mempertahankan pondasi rumah tangganya yang akhirnya mereka memilih bubar dan menjalani kehidupan mereka masing-masing. Salah satu diantara sebab hancurnya sebuah rumah tangga adalah karena kurangnya keimanan dan ilmu agama pada diri mereka, baik itu suami, istri ataupun anak.

Secara tidak langsung, agama yang baik dalam diri pasangan suami istri akan menjadikan diri mereka lebih bisa memanage kehidupan dalam ruang lingkup yang lebih luas. Dalam artian, kehidupan yang mereka jalani memiliki orientasi yang jelas karena apa yang mereka jalankan semata-mata bukan hanya karena orientasi dunia semata tapi ada tujuan yang lebih penting lagi yaitu kebahagiaan dan keberhasilan dalam akhirat mereka. Tentunya kuatnya keimanan dalam diri masing-masing pasangan akan mempengaruhi kuatnya keteguhan mereka dalam mempertahankan bahtera rumah tangga sampai kapanpun.

Mungkin anda bisa membayangkan, bagaimana jika sebuah keluarga hanya mementingkan orientasi dunia saja tanpa mengingat tujuan yang lebih penting berupa keberhasilan dan kesuksesan akhirat yang itu merupakan tanda keimanan seseorang terhadap Tuhan dan baiknya agama pada dirinya? Akibatnya yang pasti keluarga tersebut hanya akan menjalani kehidupan yang semu dan mereka tidak akan menemukan ketenangan batin dalam hati mereka dan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Akhir kata, untuk anda yang mungkin saat ini sudah mulai melupakan ajaran agama anda. Kembalilah menengok sisi hidup anda yang mulai hilang. Menjadi seseorang yang mengamalkan ajaran dengan baik tentu saja akan menjadikan anda pribadi yang sukses bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat. Yuk bertaubat.. ^^

Komentar

comments

6 Comments

  1. semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah & warohmah…:)

  2. kalo saya mah dari awal sebelum nikah ntar faktor utama memilih istri ya karena agamanya.

    tidak ada alesan lain deh. :)

    • @helgaindra, wah alhamdulillah mas.. itu adalah salah satu pilihan terbaik :)

  3. sepakat berat boss.. alhamdulillah aku lahir di keluarga yg (menurutku) cukup religius. jd menumbuhkan kesadaran untuk itu tdk terlalu susah. smoga berlaku jg utk temen2 yg laen..

    • @arif, alhamdulillah kalau begitu mas.. semoga sukses selalu keluarganya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>