Kesehatan

Mengapa Pria Lebih Rentan Terkena Buta Warna Daripada Wanita ?

pria buta warnaMengapa Pria Lebih Rentan Terkena Buta Warna Daripada Wanita? - Buta Warna atau kurangnya penglihatan warna adalah ketidakmampuan seseorang untuk mengetahui perbedaan antara beberapa warna. Visi dan kemampuan untuk membedakan antara warna dalam spektrum sangat penting dalam rangka memenuhi tugas-tugas kehidupan sehari-hari.

Mata manusia mengandung dua jenis sel khusus fotoreseptor yaitu bagian batang dan kerucut yang secara aktif berpartisipasi dalam mengatur kegiatan ini. Setiap kelainan atau kesalahan dalam sel-sel ini dapat mengakibatkan individu tidak mampu untuk mengidentifikasi warna, secara kondisi medis lebih dikenal sebagai buta warna atau cacat penglihatan warna.

Buta warna pada sebagian besar orang selalu merupakan sifat yang diturunkan (genetik). Karena pria memiliki satu kromosom X sedangkan pada perempuan ada dua, laki-laki lebih rentan untuk menjadi buta warna dibandingkan perempuan. Jadi ketika seorang pria mewarisi gen untuk cacat ia pun akan menjadi langsung terkena buta warna sedangkan pada wanita, ketika ia mewarisi gen tunggal maka dia tidak akan rentan terhadap cacat penglihatan warna. Alasannya adalah bahwa kromosom X yang baik akan mengontrol gen yang rusak ketika diwariskan. Jadi bagi wanita untuk mewarisi kekurangan ini dia harus memperoleh sifat cacat dari kedua orangtuanya.

Penyebab kedua untuk penglihatan warna yang rusak adalah melalui penyakit. Katarak adalah salah satu penyebab paling umum untuk hal defisiensi genetik yang diwariskan. Penyakit saraf optik dan retina juga akan mengakibatkan buta warna. Obat seperti digitalis yang dipakai untuk penyakit jantung, kina untuk malaria dan alkohol juga bisa menyebabkan buta warna.

sumber

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>